Model E-R
(ERD) adalah perincian yang merupakan representasi logika dari data suatu organisasi
atau area bisnis tertentu. Model E-R pada umumnya di gambarkan sebagai
diagram E-R seperti yang yang di lukiskan pada gambar 1.1. Gambar 1.1 merupakan
contoh penggambaran model E-R untuk
perusahaan manufaktur kecil. Perusahaan ini membeli item – item dari beberapa
penyedia yang berbeda yang kemudian mengirimkan item –item itu ke pabrik. Item
– item itu kemudian di rakit menjadi produk
tertentu yang akan dijual kepelanggan. Setiap pelanggan munkin saja memiliki
satu atau lebih pesanan untuk produk – produk tertentu.
Gambar 1.1
Diagram pada
gambar 1.1 memperlihatkan himpunan entitas serta hubungannya (relasinya) satu
sama lain (untuk saat ini. Demi kesederhaan, kita mengabaikan atribut – atribut
untuk masing – masing himpunan entitas).
Himpunan entitas digambarkan dengan bentuk empat persegi panjang, sementara
jajaran genjang menunjujkkan relasi. Entitas – entitas relasi pada gambar 1.1
adalah sebagai berikut :
1. Pelanggan = perorangan atau organisasi yang
sudah dan akan memesan produk.
2. Produk = produk tertentu yang mungkin,
akan,dan telah dipesan oleh pelanggan.
3. Pesanan = Transaksi yang berhubungan
dengan penjualan satu atau lebih produk ke pelanggan dan diidentifikasi dengan
nomor transaksi.
4. Item = Tipe komponen yang
digunakan untuk merakit suatu produk.
5. Penyedia = Organisasi/perusahaan lain (mungkin juga perorangan ) yang mungkin
menyediakan tertentu bagi perusahaan .
6. Pengepakan = Item – item dikirimkan dalam paket – paket (pak – pak)
tertentu dari penyedia ke perusahaan.
Perhatikan bahwa sangat penting untuk
secara jelas mendefinisikan setiap jenis entitas dengan apa yang kita kenali
sebagai metada[1], yaitu data – data yang menjelaskan data lain.
Sebagai contoh, mengetahui bahwa entitas pelanggan juga mencakup perorangan
atau organisasi yang belum membeli produk ke perusahaan itu penting. Dalam
banyak kasus , setiap unit dalam organisasi sering kali memberikan makna yang
berbeda untuk suatu terminologi yang sama (homonym). Sebagai contoh, department
akuntansi mungkin mendefinisikan pelanggan sebagai perorangan atau organisasi yang
telah melakukan pembelian pembelian, sedangkan department pemasaran mendefinisikan
pelanggan sebagai perorangan atau organisasi yang memiliki kontak dengan perusahaan atau yang telah melakukan
pembelian dari perusahaan atau dari perusahaan pesaing. Model E-R yang baik
seharusnya dilengkapi dengan metadata[1] supaya penasirannya benar dan akurat.
Symbol pada setiap garis diagram
E-R mencerminkan kardinalitas relasi
(Kardinalitas adalah jumlah suatu entitas yang berelasi dengan entitas lainnya)
– untuk lebih paham silahkan anda pelajari kardinalitas lebih mendalam karena
kardinalitas ini nantinya akan menjadi penting saat kita melakukan pemetaan (mapping)
ke dalam bentuk – bentuk relasi yang dapat
diimplementasikan di system basis data relasional. Dengan memperhatikan
gambar 1.1, kita dapat memberikan pernyataan – pernyataan sebagai berikut.
1.
Penyedia dapat menyediakan banyak item(kata dapat berarti
‘mungkin saja penyedia tidak menyediakan item apapun’). Setiap item mungkin
disediakan oleh beberapa penyedia (frasa mungkin disediakan berarti ‘item disediakan oleh paling sedikit
satu penyuplai’).
2.
Setiap item harus digunakan pada paling sedikit satu
produk, dan mungkin digunakan pada beberapa produk. Kebalikannya, setiap produk
harus menggunakan satu atau lebih item.
3.
Setiap pengepakan harus memuat satu atau lebih item.
Sebuah item mungkin termuat dalam beberapa pengepakan.
4.
Pelanggan mungkin mengirim lebih dari satu pesanan.
Bagaimanapun juga, setiap pesanan harus dikirim oleh satu(dan hanya satu )
pelanggan. Tidak mungkin ada pesanan tanpa ada pelanggan yang memesannya.
5.
Pesanan harus meminta satu atau lebih produk. Suatu produk
mungkin tidak diminta oleh satu pesanan pun,
atau mungkin juga diminta pada satu atau lebih pesanan.
Kita akan membahas hal ini dalam tutorial berikutnya.
Sekian Artikel ini semoga bermamfaat, Tambahkan komentar jika ada pertanyaan
0 komentar:
Posting Komentar